About Us

ABOUT US

Profile Sekolah

Sekolah Dasar ( SD ) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Taruna Papua berpola asrama didirikan oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat Amugme dan Kamoro ( LPMAK ) dan sekarang disebut sebagai Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amugme dan Kamoro (YPMAK).

Sejarah

Tahun 2007

Pada tahun 2007 dengan berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika maka didirikan Sekolah dasar dengan nama   SD Penjunan dengan Akreditasi A.

Tahun 2013

Kemudian Pada Tahun 2013 melalui hasil evaluasi  LPMAK, SD Penjunan diganti namanya menjadi SD Taruna Papua Timika. Selanjutnya pada tahun yang sama tepatnya pada bulan Juni 2013 karena tuntutan dan kebutuhan masyarakat Amugme dan Kamoro maka didirikan SMP Taruna Papua.

Tahun 2019

Untuk SD Taruna Papua terakreditasi A pada tanggal 05 November 2019 dengan SD BANS/M nomor 970/BAN-SM/SK/2019.

sertifikat akreditasi
sertifikat akreditasi

GREETING FROM THE CHAIRMAN

Pujian Syukur dan Hormat kami panjatkan ke hadirat-Nya karena berkat campur tangan dari Tuhan sajalah maka sampai hari ini kami tetap masih berdiri tegak dalam melaksanakan seluruh aktifitas dan program.

Seiring dengan pemberian kesempatan dan waktu dari Tuhan Yang Maha Kuasa, dimana sampai dengan saat ini pelaksanaan program di Sekolah yang berpola Asrama , dimana Sekolah Asrama Taruna Papua ( SD dan SMP ) milik Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amugme dan Kamoro ( YPMAK ) yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Lokon ( YPL ) Perwakilan Timika, dapat berjalan dengan baik dan lancar.


SATP dengan sistem
Boarding School based Management, dalam melaksanakan program Pendidikan dan Pengajaran selalu berkolaborasi antara guru dan Pembina atau yang dikenal dengan sebutan guru Pembina. Dalam Proses Pembelajarannya tetap mengacu pada Kurikulum Nasional atau yang dikenal dengan K-13, tetntunya dengan pengembangan sesuai kondisi geografis dan kebutuhan peserta didik di Timika. Dalam implementasi Kurikulum Nasional tersebut kami mengembangkannya dengan memperhatikan nilai- nilai  kerifan lokal dalam bentuk kurikulum berbasis Kehidupan. Dalam pengimplementasiannya dibutuhkan Kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga dalam sistuasi dengan arus informasi berbasis IT maka dibutuhkan website.


Dengan demikian maka dengan dibuatnya website tersebut, dapat mambantu menyebarkan informasi tentang SATP baik sejarah, Visi-Misi, program serta hal-hal lain yang terkait dengan SATP.

Sekolah Dasar ( SD ) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Taruna Papua berpola asrama didirikan oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat Amugme dan Kamoro ( LPMAK ) dan sekarang disebut sebagai Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amugme dan Kamoro ( YPMAK ). Pada tahun 2007 dengan   berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika maka didirikan Sekolah dasar dengan nama   SD Penjunan dengan Akreditasi A. Kemudian Pada Tahun 2013 melalui hasil evaluasi  LPMAK, SD Penjunan diganti namanya menjadi SD Taruna Papua Timika. Selanjutnya pada tahun yang sama tepatnya pada bulan Juni 2013 karena tuntutan dan kebutuhan masyarakat Amugme dan Kamoro maka didirikan SMP Taruna Papua. Untuk SD Taruna Papua terakreditasi A pada tanggal 05 November 2019 dengan SD BANS/M nomor 970/BAN-SM/SK/2019.

Dengan pola asrama maka tentunya semua kegiatan siswa berlangsung di lokasi SATP yang sampai sekarang memiliki sekitar 82 cabang ekstrakurikuler baik dalam bidang akademik, olahraga dan seni serta kearifan lokal.

ABOUT US

Visi Dan Misi

Visi

Menjadi sekolah yang mampu membentuk generasi muda papua yang beriman kepada kristus, tangguh, berpengetahuan, terampil dan berkarakter baik.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berasrama dengan proses pembelajaran interaktif, inovatif, kreatif terpadu / terintegrasi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang membangun siswa / siswi Sekolah Taruna Papua menjadi siswa yang sehat jasmani, sehat rohani, sehat nilai – nilai karakter, cerdas pikiran dan berdaya juang tinggi.
  3. Menyelenggrakan transfer of knowledge secara optimal dan pengembangan talenta serta keterampilan hidup / Life Skill siswa.
  4. Menyelenggarakan pendidikan secara holistic terintegrasi antara program pendidikan sekolah dengan pembinaan di asrama.
  5. menyelenggrakan pendidikan di sekolah asrama secara konstektual dengan memperhatikan budaya lokal.
  6. Mengembangkan kompetensi guru, Pembina dan staff non akademik Sekolah Asrama Taruna Papua
  7. Mengembangkan dan membangun relasi yang baik diantara guru, Pembina dan staff non akademik Sekolah Asrama Taruna Papua.
  8. Membangun relasi dengan Stakeholder (Masyarakat dan adat setempat, YPMAK, Orang tua Murid, Pemerintah/ Dinas Pendidikan) dan lembaga pendidikan / sekolah lain
  9. Membangun kebiasaan sekolah 7K (Kerohanian, Kesehatan, Kebersihan, Keindahan, Ketertiban, Keamanan, Kenyamanan.)

Profil Pimpinan

Visual Portfolio, Posts & Image Gallery for WordPress